Pencarian

Tuesday, December 3, 2013

Manfaat Urang-Aring Untuk Kesehatan

Mengenai manfaat urang-aring untuk kesehatan - Banyak orang mengenal urang aring sebagai obat penyubur rambut. Padahal, urang aring tidak hanya berkhasiat sebagai obat penyubur rambut saja, masih banyak khasiat lain yang dimiliki oleh tanaman yang satu ini. Kira-kira apakah khasiat lain dari urang aring itu?

Urang aring merupakan tumbuhan liar yang banyak tumbuh di tempat-tempat terbuka, seperti tanah lapang, pinggir selokan, atau pinggir jalan. Tumbuhan ini dapat tumbuh subur baik di tepi pantai ataupun di daerah pegunungan yang ketinggiannya 1.500 meter di atas permukaan laut. Urang aring tumbuh tegak, kadang-kadang berberaing yang tingginya sekitar 80 cm. Bentuk batangnya bulat berwarna hijau kecoklat-coklatan. Permukaan batangnya berambut agak kasar. Daun urang aring bentuknya bulat telur memanjang dengan ujung daun meruncing. Pinggir daun hampir rata atau bergerigi sangat halus, sedangkan permukaannya terasa agak kasar. Warna daun urang aring hijau. Ukuran bunganya kecil-kecil, berwarna putih.

Urang aring dapat digunakan untuk mengobati beberapa macam penyakit seperti mimisan, diare, radang mata, gusi bengkak, koreng di kepala, dan penyubur rambut. Bagian urang aring yang digunakan untuk obat adalah seluruh bagian tumbuhan baik yang masih segar atau yang sudah dikeringkan.
 
Untuk menghentikan mimisan, ambillah satu genggam urang aring, dicuci dan dihaluskan, lalu peras airnnya. Air perasan urang aring ditambahkan 5 sloki air putih dan ditim sampai hangat. Minum 2 kali sehari setelah makan.
Jika diare, untuk menyembuhkannya dapat meminum air rebusan urang aring sebanyak 30 gram.

Jika mata mengalami radang, ambillah daun urang aring 1/2 genggam, cuci bersih, lalu ditumbuk sampai halus. Tambahkan air matang sebanyak 2 sendok makan, lalu peras dan saring. Gunakan air hasil saringan untuk menetesi mata yang sakit. Lakukan 2-3 kali sehari masing-masing 3 tetes.

Gusi bengkak, tentu sangat terasa sakit, apalagi pada saat makan.  Untuk mengatasinya, ambillah urang aring segar, lalu dipanggang sampai kering. Setelah kering, urang aring ditumbuk sampai berbentuk bubuk. Oleskan bubuk urang aring pada bagian yang sakit.

Untuk mengobati korend di kepala, ambillah urang aring secukupnya, lalu rebus. Gunakan air rebusan urang aring untuk mencuci kepala.

Untuk menyuburkan rambut, sediakan 1 genggam daun urang aring, tumbuk sampai halus. Tambahkan 2 gelas air dan saring. Air hasil saringan diembunkan selama satu malam. Setelah diembunkan, air urang aring digunakan untuk membasahi kulit kepala sambil dipijat-pijat, lakukan sehari sekali.
 
Keywords: manfaat urang aring daun tanaman untuk rambut khasiat minyak urang-aring orang warna tumbuhan kingdom orangaring manfaat urang aring buat rambut bagi kesehatan minyak untuk daun tumbuhan tanaman apa dari tips